Apa itu Perusahaan Unicorn? Definisi, Peran, dan Contohnya

Apa itu perusahaan unicorn? Buat kamu yang masuk ke dalam dunia bisnis wajib mengetahui soal definisi, peran, dan contohnya.

Istilah perusahaan unicorn tentu tidak asing lagi dalam dunia bisnis. Sayangnya, masih banyak yang belum tahu lebih detail mengenai hal itu. Buat kamu yang belum tahu apa itu perusahaan unicorn, kamu perlu tahu terlebih dahulu definisi, peran, dan contohnya sebelum menjalankan bisnis. Yuk, kita simak sedikit ulasan mengenai hal itu dalam artikel di bawah ini!

Apa itu Perusahaan Unicorn?

Definisi sederhana dari perusahaan unicorn adalah perusahaan yang memiliki nilai valuasi mencapai USD 1 miliar atau jika dalam bentuk rupiah sekitar 14 triliun. Besar juga ya? Definisi perusahaan unicorn diciptakan oleh Aileen Lee yang merupakan kapitalis ventura yang berasal dari Amerika Serikat.

Saat istilah ini muncul, perusahaan dengan kategori unicorn masih sangat sedikit, yakni 30-an saja. Namun, seiring berjalannya waktu sudah banyak perusahaan unicorn dunia bermunculan, termasuk di Indonesia.

Menariknya lagi, istilah baru, seperti decacorn dan hectacorn, bahkan sudah tercipta karena adanya perusahaan yang memiliki nilai valuasi lebih besar lagi.

Peran Penting Adanya Perusahaan Unicorn

Peran perusahaan unicorn cukup besar untuk kehidupan masyarakat. Sadar atau tidak, adanya perusahaan tersebut sangat memudahkan kehidupan sehari-hari bagi kebanyakan orang. Nah, berikut beberapa peran keberadaan perusahaan ini.

1.  Terciptanya Lapangan Pekerjaan yang Banyak

Mengingat meningkatnya angka pengangguran beberapa tahun lalu, munculnya perusahaan unicorn sangat berperan dalam memberikan lapangan pekerjaan. Banyak masyarakat yang kini memiliki penghasilan yang cukup untuk menghidupi keluarga.

2.  Membantu Menyejahterakan UMKM

Siapa yang bisa menyangka bahwa perusahaan unicorn memiliki peran dalam menyejahterakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang kini juga menyebar cukup banyak. Beberapa perusahaan unicorn menjembatani kebutuhan transaksi antara penjual dan pembeli, seperti ecommerce, ojek online, dan lain sebagainya.

3.  Banyak Perusahaan yang Berekspansi ke Luar Negeri

Ternyata, banyak perusahaan Indonesia yang menyandang status unicorn telah berekspansi hingga ke luar negeri. Hal ini membuktikan bahwa perusahaan Indonesia tidak hanya jago kandang, tetapi berani untuk memperluas perusahaannya hingga ke luar.

Baca juga: Istilah Dalam Dunia Kerja yang Perlu Diketahui Fresh Graduate

Itulah beberapa peran penting dari perusahaan unicorn dan tentu masih banyak lagi manfaat positif lainnya, seperti memberikan suntikan dana, meningkatkan perekonomian negara, dan lain-lain.

Contoh Perusahaan Unicorn di Indonesia

Ternyata, perusahaan unicorn di Indonesia tidaklah sedikit, bahkan beberapa di antaranya selalu membantu kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Nah, berikut beberapa perusahaan unicorn di Indonesia.

1.  Gojek dan Tokopedia (GoTo)

GoTo
Sumber gambar : grid.id

Sudah tahu belum kalau perusahaan Gojek bergabung dengan perusahaan Tokopedia? Kedua perusahaan unicorn ini merupakan perusahaan start-up andalan negara. Banyak sekali orang yang terbantu dengan munculnya kedua perusahaan ini. Hampir semua kebutuhan harian dapat terpenuhi dengan mudah dan praktis dengan layanan aplikasi jasa antar-jemput, beli makanan, dan lain-lain.

Selain itu, banyak orang yang melepas status pengangguran karena bekerja pada perusahaan ini. Selain menjadi driver, banyak juga UMKM yang bisa membuka bisnisnya secara online. Memudahkan mereka memperkenalkan bisnisnya secara luas hanya melalui aplikasi.

2.  Bukalapak

Bukalapak
Sumber gambar : grid.id

Ternyata pada tahun 2017 bukalapak menyandang status sebagai perusahaan unicorn. Perusahaan dalam bidang ecommerce ini cukup berpengaruh seperti halnya Tokopedia. Sekitar 90 ribu lebih pengguna memanfaatkan layanan perusahaan ini untuk mengembangkan usahanya. Nilai valuasinya bahkan telah mencapai 1,5 Miliar pada tahun 2021 lalu.

3.  Traveloka

Traveloka

Perusahaan unicorn satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi kita, terutama buat kamu yang sering bepergian untuk mencari tiket atau tempat penginapan. Sama seperti Bukalapak, perusahaan ini juga menyandang status unicorn pada tahun 2017. Meski sempat terpuruk, Traveloka dapat bangkit kembali dan menjadi salah satu perusahaan yang paling banyak digunakan masyarakat.

4.  J&T Express

JT

Tidak sedikit orang memercayakan J&T Express sebagai ekspedisi favorit. Bahkan, perusahaan ini menjadi salah satu perusahaan unicorn dengan nilai valuasi tertinggi. Tidak heran kalau hanya dengan enam tahun beroperasi, perusahaan ini berhasil menyandang status perusahaan unicorn karena layanan yang diberikan juga tidak main-main, seperti jam operasional tanpa libur, pengiriman sampai hanya dengan 2-3 hari saja, resi bisa dilacak saat itu juga, dan lain-lain.

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai perusahaan unicorn. Sudah tahu sekarang apa itu perusahaan unicorn? Semoga artikel ini membantu dan memberi tambahan wawasan, ya!

# Artikel Terkait

close ad