Contoh Surat Pengunduran Diri yang Tepat Untuk Berbagai Alasan

Contoh Surat Pengunduran Diri | Berencana mengajukan pengunduran diri tapi bingung cara membuat surat yang tepat? Artikel ini akan membantumu. Simak contoh surat pengunduran diri berikut ini.

Bagi kamu yang saat ini berencana untuk mengundurkan diri di perusahaanmu bekerja, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa contoh surat pengunduran diri yang tepat. Surat pengunduran diri menjadi bentuk resmi bahwa kamu benar-benar ingin berhenti dari perusahaan tempatmu bekerja secara profesional oleh karena itu jangan asal-asalan.

Tak dapat dipungkiri jika di dalam dunia kerja pasti ada masanya berjumpa karyawan masuk dan keluar atau berhenti. Berhentinya karyawan dengan alasan tertentu bukan menjadi masalah besar bagi perusahaan jika prosedur yang dilakukan tepat sesuai peraturan perusahaan atau instansi tersebut.

Struktur dan Contoh Surat Pengunduran Diri Resmi

Sebagaimana kamu akan melamar pekerjaan yang melampirkan surat lamaran kerja dan tertulis rapi serta profesional, surat pengunduran diri pun dibuat selayaknya begitu.

Surat pengunduran diri sebaiknya tidak dibuat terlalu panjang dan wajib menggunakan gaya bahasa yang sopan, resmi, dan formal. Selain itu, di dalamnya perlu dilampirkan alasan dan tujuan yang jelas. Berikut ini struktur penulisan dan contoh surat pengunduran diri yang dikutip dari buku Berani Resign yang bisa kamu jadikan pedoman.

  1. Pembuka

Pada bagian pembuka berisi tempat dan tanggal pembuatan surat pengunduran diri, nama dan alamat atasan yang dituju, kemudian cantumkan informasi pribadi kamu, seperti nama, alamat, jabatan, nomor identitas karyawan. Hal ini berfungsi untuk data perusahaan dan informasi yang lebih detail.

  1. Isi

Pada bagian ini dicantumkan salam dan informasi mengenai pengunduran diri diantaranya seperti tanggal pengunduran diri beserta alasan mengapa mengundurkan diri. Cukup jelaskan alasan pengunduran diri secara singkat, padat dan jelas, tidak perlu panjang lebar.

Apabila kamu membutuhkan surat referensi dari kantor, kamu bisa menyampaikannya pada bagian ini.

Selain itu, pada bagian ini cantumkan juga ucapan terima kasih dan hal-hal positif yang telah kamu dapatkan selama bekerja di perusahaan tersebut. Poin ini membuatmu tampak lebih professional dan rendah hati sehingga pihak perusahan pun merasa lebih segan.

  1. Penutup

Bagian ini berisi salam penutup, tanda tangan, dan nama terang atau nama jelas.

Adapun contoh dari surat pengunduran diri yang sesuai struktur di atas dan surat pengunduran diri yang lebih sederhana, yaitu:

Contoh Surat Pengunduran Diri Resmi

Berikut contoh format surat pengunduran diri resmi:

Palembang, 17 Agustus 2022

Kepada YTh,
HRD PT Sejahtera Jaya
Jl. Ir. Soekarno Hatta, Palembang

Dengan Hormat,

Nama : Fatiah Izzah
Alamat : Jl. K.H Azhari, 13 Ulu, Palembang
Jabatan : Marketer
No Induk Karyawan : 11223344

Bersama surat ini, saya bertujuan mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan Marketer di PT Sejahtera Jaya terhitung pada tanggal 16 September 2022 dikarenakan saya memutuskan untuk menjadi seorang freelancer.

Sebelumnya saya mengucapkan banyak sekali terima kasih, begitu banyak yang saya pelajari selama dua tahun bekerja di PT Sejahtera Jaya, Saya bangga menjadi bagian dari perusahaan ini.

Saya juga mengucapkan banyak terima kasih karena Bapak/Ibu telah memberikan kesempatan, bantuan dan bimbingannya dalam bekerja secara profesional. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan yang telah berjuang bersama dalam pencapaian target perusahaan.

Saya juga memohon maaf ebesar-besarnya kepada Bapak/Ibu dan rekan sekalian apabila selama menjadi bagian dari PT Sejahtera Jaya terdapat kesalahan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Semoga PT Sejahtera Jaya dapat semakin berkembang.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran dan atas keinginan sendiri serta tanpa paksaan dari siapapun.

Hormat Saya,

(Tanda Tangan)

Fatiah Izzah

Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana

Palembang, 17 Agustus 2022

Kepada YTh,
HRD PT Sanjaya Makmur
Jl. Cemara, Blitar

Dengan Hornat,

Melalui surat ini, saya atas nama Fatiah Izzah bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT Sanjaya Makmur sebagai marketer.

Permohonan pengunduran diri ini saya lakukan karena saya berencana mengembangkan usaha pribadi. Saya ucapkan begitu banyak terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh PT Sanjaya Makmur selama tiga tahun ini.

Saya haturkan permohonan maaf apabila selama bergabung di perusahaan ini terdapat banyak kesalahan baik disengaja maupun tidak terhadap Bapak/Ibu dan rekan-rekan sekalian.

Demikian surat ini saya buat tanpa paksaan dan atas keinginan sendiri, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu. Saya harap PT Sanjaya Makmur dapat semakin berkembang dan Berjaya.

Hormat Saya,

(Tanda Tangan)

Fatiah Izzah

Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Diterima Di Perusahaan Lain

Mengajukan pengunduran diri karena diterima di perusahaan lain terkadang menjadi satu hal yang segan dilakukan, bahkan ada pula yang menutupi alasan ini dengan alasan lain, misalnya ingin fokus sebagai ibu rumah tangga atau pindah kota.

Padahal keputusan untuk berhenti karena bekerja di perusahaan lain adalah bukan masalah asalkan semua tugas dan tanggung jawab di perusahaan sebelumnya sudah terselesaikan dengan baik.

Jika kamu bingung bagaimana caranya membuat surat pengunduran diri karena alasan diterima di perusahaan lain, kamu bisa menjadikan contoh surat pengunduran diri di bawah ini sebagai bahan referensi. Simak Contohnya berikut ini.

Palembang, 17 Agustus 2022

Kepada YTh,
HRD PT Sanjaya Makmur
Jl. Cemara, No. 123, Blitar

Dengan Hormat,

Melalui surat resmi ini,

Nama : Fatiah Izzah
Alamat : Jl. Presiden, No. 15, Blitar
Jabatan : Marketer
No. Identitas Karyawan : 11223344

Bersama surat ini saya mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT Sanjaya Makmur terhitung tanggal 16 September 2022. Saya memutuskan untuk tidak melanjutkan kontrak kerja dengan alasan menerima kesempatan di perusahaan lain.

Selama masa kerja yang tersisa. Saya akan menyelesaikan tugas dan tanggung jawab di perusahaan ini dengan semaksimal mungkin. Saya juga akan berpartisipasi dalam melatih anggota tim pengganti sebaik mungkin selama masa transisi.

Terima kasih kepada PT Sanjaya Makmur atas kesempatan kerja yang telah diberikan kepada saya selama tiga tahun ini. PT Sanjaya Makmur telah memberikan saya banyak pengalaman dan pelajaran sebagai seorang pekerja yang profesional. Saya juga mengucapkan permohonan maaf bila selama bekerja masih terdapat banyak kekurangan.

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini saya buat, semoga Bapak/Ibu dapat memaklumi dan menerima permohonan ini.

Salam Hormat,

(Tanda Tangan)

Fatiah Izzah

Prosedur Pengajuan Surat Pengunduran Kerja

Setiap perusahaan memiliki prosedur tersendiri dalam hal pengajuan surat pengunduran diri bagi karyawannya. Misal, beberapa perusahaan mengharuskan karyawan yang ingin mengundurkan diri untuk mengajukan surat pengunduran kerja satu bulan sebelumnya atau ada pula yang dua minggu sebelumnya.

Berdasarkan pasal 154A Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Pekerja atau buruh yang mengundurkan diri atas kemauan sendiri, harus memenuhi syarat:

  • Mengajukan permohonan pengunduran diri secara tertulis selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari sebelum tanggal mulai pengunduran diri.
  • Tidak terikat dalam ikatan dinas.
  • Tetap melaksanakan kewajibannya sampai tanggal mulai pengunduran diri.
  • Surat pengunduran diri dapat disampaikan kepada team leader, HRD, atau pimpinan kantor, sesuai dengan kebijakan perusahaan.
  • Surat tersebut berfungsi sebagai pemberitahuan resmi sekaligus upaya menjaga hubungan baik dengan rekan kerja dan perusahaan yang akan ditinggalkan.

Agar permohonan kamu dapat diterima dengan baik, sebaiknya kamu mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh perusahaan tempatmu bekerja. Jangan sampai hubunganmu dengan pihak atasan perusahaan maupun rekan kerja lainnya tidak baik karena beberapa hal yang kamu abaikan begitu saja.

Baca juga: Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja: Format Dan Struktur Pembuatannya

Setelah membaca artikel ini kami harap kamu yang berencana mengajukan pengunduran diri dan sedang kebingungan menulis surat pengunduran yang tepat dapat terbantu dengan beberapa contoh surat pengunduran diri yang telah dibahas di atas.

Selalu kunjungi laman website lokerimpian.com untuk mendapatkan informasi seputar lowongan kerja terbaru dan semua yang berkaitan dengan dunia kerja. Semoga bermanfaat!

# Artikel Terkait

close ad