Intip 10 Daftar Perusahaan Terbesar di Indonesia

Perusahaan terbesar di Indonesia adalah perusahaan yang memiliki pendapatan terbesar dan memiliki kapitalisasi pasar yang besar juga.

Perusahaan terbesar di Indonesia bisa dibilang cukup banyak. Adapun disebut sebagai terbesar sendiri karena perusahaan tersebut mempunyai nilai yang sangat besar. Nilai yang dimaksud disini adalah harga perusahaan secara keseluruhan.

Harga perusahaan bisa diketahui dengan melihat besarnya kapitalisasi pasar perusahaan tersebut. Lantas perusahaan mana sajakah yang termasuk perusahaan yang terbesar di negara kita Indonesia ini? Berikut Jawabannya!

Daftar Perusahaan Terbesar Di Indonesia

Sejumlah perusahaan di nobatkan dan masuk dalam jajaran perusahaan-perusahaan terbesar di Indonesia. Berikut ini adalah daftar lengkapnya:

  1. PT Pertamina
Pertamina

Perusahaan pertama yang termasuk terbesar di Indonesia adalah Pertamina. PT Pertamina adalah perusahaan BUMN yang sudah berdiri sejak 1957. Perusahaan yang satu ini bergerak di bidang eksplorasi, transmisi, serta produksi gas dan minyak.

Perusahaan BUMN ini fokus pada sektor produksi serta transmisi minyak dan gas. Perusahaan ini cukup dikenal di masyarakat. Selain itu penjualannya juga sangat tinggi. Di tahun 2018 saja pertamina mampu mencapai penjualan Rp 826,3 triliun dengan laba yang mencapai Rp 35,9 triliun.

  1. PT Bank Central Asia TBK
BCA

Bank BCA atau PT Bank Central Asia TBK adalah perusahaan terbesar selanjutnya yang ada di Indonesia. Perusahaan yang didirikan pada tahun 1955 ini awalnya bernama NV Perseroan Dagang dan Industri.

Selanjutnya pada tahun 1957 tepatnya tanggal 21 februari namanya berubah menjadi Bank Central Asia. BCA sendiri adalah perusahaan publik yang bergerak di bidang usaha bank umum. Adapun persentase kepemilikan saham terbesarnya dipegang oleh PT Dwimuria Investama sebesar 54,94% dan lebihnya dipegang masyarakat.

Kemudian jika melihat publikasi laporan berkelanjutan tahun 2021 kepemilikan saham BCA dimiliki oleh pihak terafiliasi dengan PT Dwimuria Investama Andalan sebesar 2,49%. Selain termasuk pada perusahaan terbesar yang ada di Indonesia BCA juga sangat populer dikalangan masyarakat. Tak heran banyak orang yang ingin bekerja diperusahaan ini.

  1. PT Bank Rakyat Indonesia TBK
BRI

Selanjutnya ada juga bank BRI atau PT Bank Rakyat Indonesia TBK sebagai salah satu perusahaan terbesar yang ada di Indonesia. Sama seperti Pertamina, Bank BRi ini juga termasuk BUMN.

Berdiri sejak tahun 1896 perusahaan ini termasuk salah satu bank tertua yang ada di Indonesia. Bank yang satu ini lebih fokus pada pembiayaan dengan skala kecil serta mikro finansial lewat pinjaman pada kurang lebih 30 juta klien ritel.

Sebagai salah satu perusahaan yang terbesar BRi juga mempunyai anak perusahaan yaitu BRI Remittance, BRI Multifinance Indonesia, Bank BRI SYariah, Dana Pensiun BAnk Rakyat Indonesia, dan BRI Agroniaga.

BRI sendiri mempunyai nilai penjualan yang mencapai Rp 808,9 triliun berupa penyaluran kredit. Adapun untuk laba bersih yang diraihnya sebesar Rp 32,4 triliun di tahun 2018. Selanjutnya pada tahun berikutnya laba bersih BRI mengalami kenaikan hingga Rp 34,4 triliun.

  1. PT Telkom Indonesia TBK
PT Telkom

Dengan kapitalisasi pasar yang mencapai Rp 453,7 triliun di bulan maret 2022 menjadikan PT Telkom sebagai salah satu perusahaan terbesar yang ada di Indonesia. PT Telkom sendiri juga termasuk dalam BUMN dan bergerak di sektor jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi  serta jaringan telekomunikasi yang ada di Indonesia.

  1. Gudang Garam, Tbk
Gudang Garam

Perusahaan Indonesia terbesar yang satu ini bisa dibilang belum pernah turun tahta atau terlempar dari daftar perusahaan terbesar di negeri ini. Dengan mengandalkan industri rokok, makanan dan minuman perusahaan ini sangat sukses di Indonesia.

Kesuksesannya dibuktikan dengan nilai kapitalisasi pasarnya yang cukup tinggi, bahkan mencapai Rp 105,87 triliun.

  1. PT Astra International Tbk
Astra International

Berbicara mengenai perusahaan terbesar maka PT Astra International akan selalu menjadi salah satunya. Hal ini tentunya wajar jika mengingat pendapatan perusahaan yang sangat besar hingga mencapai Rp 233,485 triliun. 

  1. PT Bank Mandiri TBk
Mandiri

Perusahaan terbesar yang ada di Indonesia selanjutnya didapatkan oleh PT Bank Mandiri TBk. Perusahaan BUMN yang bergerak di bidang usaha bank umum ini mempunyai kapitalisasi sebesar Rp 364,98 di bulan maret 2022 lalu. Besarnya kapitalisasi yang dimiliki oleh bank Mandiri wajar tentunya jika bank ini termasuk salah satu perusahaan terbesar di negeri ini.

  1. PT Bank Negara Indonesia Tbk
Bank BNI

BNI atau PT Bank Negara Indonesia berada di posisi ini bukan tanpa alasan. Pada bulan maret tahun 2022 lalu saja kapitalisasi pasarnya mencapai Rp 152,31 triliun. Jadi wajar rasanya jika Bank BNI termasuk salah satu perusahaan terbesar yang ada di Indonesia.

  1. PT Chandra Asri Petrochemical Tbk
PT Chandra Asri Petrochemical Tbk

Berbicara mengenai kapitalisasi pasar perusahaan yang satu ini tentu tak akan kalah. Tercatat per maret 2022 lalu saja PT Chandra Asri Petrochemical Tbk mampu meraih kapitalisasi pasar sebanyak Rp 218,44 triliun.

Itu jugalah yang membuat perusahaan yang bergerak di bidang industri pengolahan petrokimia ini menjadi salah satu perusahaan terbesar di Indonesia.

  1. PT Elang Mahkota Teknologi Tbk
Emtek

PT Elang Mahkota Teknologi TBK atau yang lebih dikenal sebagai EMTEK ini juga termasuk dalam daftar perusahaan terbesar yang ada di negeri ini. EMtek sendiri adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang media, telekomunikasi, solusi TI dan konektivitas. Di bulan maret tahun 2022 lalu perusahaan yang satu ini mampu memiliki kapitalisasi pasar hingga Rp 150,04 triliun.

Keuntungan Bekerja di Perusahaan Terbesar di Indonesia

Dengan mengetahui daftar perusahaan-perusahaan terbesar di Indonesia tentunya akan memudahkan kamu dalam menyusun karir dimasa depan. Apalagi bekerja di perusahaan besar seperti diatas juga akan memberi keuntungan untuk kamu seperti:

  1. Mendapat Gaji dan Benefit Banyak

Tak bisa dipungkiri jika gaji adalah salah satu aspek yang seringkali menjadi pertimbangan utama saat melamar kerja. Adapun perusahaan besar diatas tentunya akan menawarkan salary atau gaji yang lebih tinggi dibanding perusahaan kecil.

Tak tanggung-tanggung perbedaan salary itupun hingga mencapai jutaan rupiah. Tak hanya gaji, perusahaan besar seperti yang disebutkan diatas biasanya juga memberikan benefit tambahan yang pastinya tak kalah besar dan menarik.

Benefit itupun berupa THR, bonus performa kerja, uang lembur, jaminan kesehatan dan lain sebagai. Untuk itulah wajar jika banyak orang yang ingin bekerja di perusahaan terbesar di Indonesia yang ada diatas.

  1. Pembagian Tugas yang Terstruktur

Perlu kamu tahu jika sistem pembagian tugas atau kerja yang ada di perusahaan besar sangat terstruktur. Dengan begitu setiap karyawan mengetahui dengan baik apa yang menjadi tanggung jawabnya. Jadi apabila pekerjaan yang diberikan menyimpang dari job desk maka karyawan dapat mengajukan protes pada pimpinan.

Baca juga: 10 Pekerjaan yang Bisa Keliling Dunia

Tak hanya itu saja jadwal atau jam kerjanya juga lebih teratur dan jelas. Adapun jika melebihi batas dari jam kerja biasanya akan dihitung lembur.

Itulah informasi mengenai perusahaan terbesar di Indonesia. Daftar tersebut bisa saja mengalami perubahan setiap tahunnya. Untuk itulah pastikan kamu selalu update dan dapatkan berbagai informasi menarik lainnya di situs kami.

# Artikel Terkait

close ad