Inilah Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview yang Baik dan Benar

Cara memperkenalkan diri saat interview harus dilakukan dengan baik dan benar agar peluang diterima kerja semakin besar. Ikuti langkah berikut!

Cara memperkenalkan diri saat interview adalah salah satu bagian penting dalam proses rekrutmen. Untuk itulah sebagai jobseeker kamu harus melakukannya dengan baik dan benar.

Jangan sampai melakukan perkenalan dengan asal saja. Pastikan sebelum interview kamu latihan dulu. Jika perlu carilah beberapa referensi cara memperkenalkan diri untuk interview seperti yang akan dibahas dalam artikel kali ini. 

Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview

Dalam sebuah wawancara kerja umumnya seorang pewawancara akan mempersilahkan calon karyawannya untuk melakukan perkenalan singkat. Adapun tujuan dari perkenalan tersebut adalah untuk mengetahui personality dan melihat semangat kamu sebagai pelamar atau calon karyawan.

Inilah kenapa saat kamu akan memperkenalkan diri dalam sebuah interview, sebaiknya ceritakan sedikit mengenai kekuatan atau kelebihan yang kamu miliki. Kelebihan itupun harus memiliki hubungan dengan motivasi melamar ke perusahaan tersebut.

Baca juga: Kiat Sukses Memasuki Dunia Kerja, Persiapkan Mulai Sekarang!

Dengan begitu pewawancara akan tertarik  padamu. Agar lebih jelas berikut ini adalah poin-poin dari cara memperkenalkan diri yang baik dan benar ketika melakukan interview.

  1. Perkenalkan Nama Kamu

Meskipun kamu sudah mencantumkan nama di CV tapi tetap saja sebaiknya perkenalkan lagi nama kamu. Dengan menyebutkan nama, pewawancara akan lebih mudah memanggil kamu. Sebab, bagaimanapun pewawancara pasti akan menyebutkan nama kamu. 

  1. Latar Belakang Pendidikan

Setelah kamu selesai memperkenalkan nama, selanjutnya kamu bisa mulai jelaskan latar belakang pendidikan. Jangan lupa untuk menjelaskan juga kenapa kamu memilih jurusan atau fakultas tersebut.

Lalu sebutkan juga apa saja yang sudah kamu pelajari di bangku kuliah selama ini. Dengan menyebutkan hal ini maka akan sangat membantu penilaian HRD apakah memang kamu layak atau tidak bekerja diperusahaan tersebut.

  1. Pengalaman Kerja, Magang atau Organisasi

Untuk kamu yang sudah memiliki pengalaman magang atau kerja maka kamu bisa menceritakannya. Namun jika kamu seorang fresh graduated dan belum pernah bekerja atau mengikuti magang maka ceritakan pengalaman organisasi yang pernah diikuti selama kuliah.

  1. Kemampuan Khusus

Untuk lebih meyakinkan pihak HRD bahwa kamu adalah kandidat yang tepat dan terbaik, sebaiknya jelaskan juga kemampuan yang kamu miliki. Kemampuan disini haruslah yang khusus dan masih relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

  1. Memperkenalkan Diri Secara Singkat, Padat dan Jelas

Pastikan saat prosesi perkenalan kamu melakukannya dengan singkat, padat dan jelas. Hindari perkenalan diri dan penjelasan yang terlalu panjang serta berbelit-belit.

Selain itu pastikan untuk tidak menambahkan atau menyebutkan informasi yang tidak berhubungan dengan profesi yang kamu lamar. Sebisa mungkin sampaikanlah perkenalan yang berisi tentang informasi yang sesuai dan relevan dengan kebutuhan profesi yang kamu lamar.

Tips Sukses Menerapkan Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview

Khusus untuk kamu yang sekarang sedang sibuk mencari pekerjaan terbaru atau memiliki niat untuk beralih profesi, maka bisa menyimak tips sukses dalam memperkenalkan diri saat interview berikut ini:

  1. Berlatih

Sebelumnya sempat disinggung jika untuk bisa memperkenalkan diri dengan baik saat interview ada baiknya kamu latihan lebih dulu. Untuk latihan ini kamu bisa minta tolong teman atau saudara berpura-pura menjadi pewawancara.

Selain itu kamu juga bisa berlatih sendiri menggunakan kaca. Jadi kamu bisa berbicara sendiri didepan kaca lalu rekam latihan tersebut. Selanjutnya kamu bisa melihat apa yang menjadi kekurangan kamu untuk selanjutnya dikoreksi.

Memperbanyak latihan wawancara sebelum melakukan wawancara yang sesungguhnya akan membuat kamu lebih lancar saat tiba hari wawancara. Bahkan kamu juga tidak akan terlalu gugup dan perkenalan diri kamu juga akan lebih terstruktur.

  1. Mencari Informasi Terkait Perusahaan

Kunci sukses memperkenalkan diri saat interview tentunya masih berkaitan dengan pengetahuan kamu mengenai perusahaan terkait. Untuk itulah sebelum melakukan interview, sebaiknya cari informasi seputar perusahaan yang kamu lamar.

Carilah informasi mulai pendirian, produksi, prestasi, lingkungan kerja hingga jobdesk dari posisi yang kamu lamar. Dengan begitu saat wawancara kamu tidak akan terlihat bingung karena tidak tahu apa-apa.

  1. Datang Lebih Awal

Supaya proses memperkenalkan diri lebih lancar sebaiknya datanglah lebih awal. Paling tidak 30 atau 15 menit sebelum wawancara dimulai.

Dalam rentan waktu tersebut kamu akan memiliki waktu untuk menenangkan diri atau beristirahat setelah melakukan perjalanan dari rumah ke lokasi interview. Dengan begitu pikiran dan hati jadi lebih rileks dan proses interview juga akan lebih lancar.

  1. Perhatikan Penampilan

Penampilan ternyata juga berpengaruh pada cara memperkenalkan diri ketika proses interview berlangsung. Umumnya orang yang sudah menyiapkan tampilannya dengan baik mulai dari cara berpakaian, riasan, hingga tatanan rambut akan lebih percaya diri saat interview.

Dengan begitu proses interview juga akan lebih mudah. Berbeda dengan orang yang kurang mempersiapkan penampilannya dengan baik biasanya kurang percaya diri. Akibatnya saat memperkenalkan diri juga terlihat kurang percaya diri dan bahkan bisa kacau.

Untuk itulah selain mempersiapkan jawaban interview jangan lupa untuk memperhatikan penampilan. Sebaiknya untuk pakaian gunakanlah yang formal dan cocok dengan kamu. Untuk riasan jangan terlalu menor namun terlihat rapi dan profesional.

  1. Lawanlah Rasa Takut dan Gugup

Untuk beberapa orang terutama yang masih fresh graduated momen interview kerja adalah hal yang baru dan belum pernah dilakukan. Wajar rasanya jika orang tersebut lantas merasa gugup dan panik. Terlebih beberapa pewawancara juga ada yang mengintimidasi saat melakukan wawancara.

Meski begitu pastikan kamu tidak langsung takut, gugup atau bahkan panik. Sebisa mungkin tenangkan diri kamu dan apabila kamu sudah banyak berlatih dan mempersiapkan semua yang sudah disebutkan diatas pastinya rasa takut dan gugup bisa diatas.

Keuntungan Menerapkan Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview dengan Baik dan Benar

Dengan mengetahui dan menerapkan cara memperkenalkan diri yang baik dan benar saat interview, pastinya kamu akan mendapat beberapa keuntungan tersendiri. Keuntungan tersebut diantaranya:

  1. Peluang Diterima Lebih Besar

Memperkenalkan diri dengan baik dan benar tentunya akan membuat kamu memiliki peluang lebih besar untuk bisa bergabung dengan perusahaan yang kamu lamar. Perkenalan diri yang  baik akan memberikan nilai positif untuk kamu.

Dengan begitu pewawancara akan memberikan nilai yang baik untuk kamu. Selanjutnya kamu juga pasti akan dipertimbangkan untuk diterima.

Adapun untuk bisa lolos ke proses interview ini pada dasarnya tidaklah mudah. Untuk itulah jangan sampai melewatkan kesempatan tersebut dan lakukanlah interview dengan baik.

  1. Menarik Perhatian Pewawancara

Keuntungan selanjutnya adalah bisa menarik perhatian pewawancara. Dengan mendapatkan perhatian tentunya peluang lolos ke tahap berikutnya juga akan makin besar.

Tak hanya itu, apabila kamu tidak lolos namun ada posisi lain bisa jadi kamu akan ditawari untuk posisi lainnya. Bahkan jika dikemudian hari perusahaan tersebut membuka untuk posisi yang sama, bisa jadi kamu akan dipanggil lagi. Untuk itulah pastikan persiapkan interview dengan sebaik mungkin.

Demikian pembahasan mengenai bagaimana cara memperkenalkan diri saat interview. Pastikan kamu mengikuti cara dan tips di atas supaya hasilnya memuaskan. Informasi menarik dan lebih lengkap lainnya seputar memperkenalkan diri saat interview, karir maupun informasi lainnya bisa kamu dapatkan di situs lokerimpian.com

# Artikel Terkait

close ad