Pengertian Inflasi dan Hubungannya dengan Kesempatan Kerja

Tahukah kamu, apa pengertian inflasi? Adakah hubungannya dengan kesempatan kerja? Supaya lebih paham, mari simak ulasan di bawah ini!

Tahukah kamu pengertian inflasi? Dalam dunia ekonomi, seringkali digaungkan istilah inflasi. Namun, benarkah kamu sudah paham apa itu inflasi? Bukan hanya itu, mungkin kamu juga bertanya-tanya, apa dampaknya? Sebab, seperti yang sering ditemui dalam berita yang beredar pemerintah selalu berusaha menekan laju inflasi, mengingat dampaknya yang besar bagi dunia perekonomian.

Selain berbicara tentang pengertian dan dampaknya, ternyata juga ada hal yang lebih penting. Hal ini berkaitan dengan upaya menekan laju inflasi. Pasalnya, proses tersebut juga membutuhkan strategi. Strategi yang diterapkan untuk mengatasi inflasi salah satunya yaitu investasi. Proses yang akan berdampak juga pada terciptanya lapangan kerja bagi masyarakat. Kok bisa demikian?

Apa Sih Pengertian Inflasi? Apa Saja Dampaknya?

Mungkin dari beberapa kasus yang terjadi, baik di Indonesia maupun dunia telah memberi gambaran mengenai inflasi. Namun, sebetulnya apa pengertian inflasi secara detail? Nah, terkait pertanyaan ini, beberapa ahli ekonomi memiliki pendapat masing-masing tentang inflasi.

  1. Definisi Inflasi Menurut Dwi Eko Waluyo

Melalui bukunya yang berjudul Teori Ekonomi Makro: 2002, Dwi Eko Waluyo menyatakan bahwa inflasi adalah salah satu bentuk penyakit ekonomi. Penyakit tersebut bisa ditemui hampir di seluruh dunia. Penyakit yang dimaksud bisa berupa kecenderungan kenaikan harga yang berlangsung terus-menerus.

  1. Apa itu Inflasi Menurut Sadono Sukirno?

Pengertian kedua diungkapkan oleh Sadono Sukirno, yang menyebutkan bahwa inflasi merupakan proses kenaikan harga yang terjadi dalam suatu perekonomian. Pengertian tersebut dijelaskan melalui bukunya yang berjudul Makro Ekonomi: 2002.

  1. Pengertian Inflasi Menurut BI

Tidak jauh berbeda dengan pengertian dari dua ahli tersebut, Bank Indonesia (BI) mendefinisikan inflasi sebagai kecenderungan peningkatan harga secara terus-menerus.

Jadi, melalui ketiga pengertian ini bisa disimpulkan bahwa inflasi merupakan kecenderungan kenaikan harga yang terjadi secara terus menerus. Kecenderungan tersebut bisa dikatakan sebagai penyakit ekonomi atau permasalahan ekonomi yang perlu segera ditangani.

Jika tidak segera mendapat penanganan, maka inflasi dapat memberi dampak sebagai berikut.

  1. Merugikan konsumen akibat adanya pembengkakan harga
  2. Meningkatnya biaya ekspor
  3. Menurunnya daya saing produk ekspor
  4. Memberi pengaruh terhadap kestabilan mata uang negara
  5. Meningkatkan angka pengangguran

Sekarang kamu sudah sedikit paham, kan apa itu inflasi dan dampaknya bagi perekonomian? Dengan mengetahui dampak yang ditimbulkan oleh inflasi, sebetulnya masyarakat juga bisa ikut membantu mengatasi permasalahan inflasi ini. Bagaimana caranya? Simak ulasan di bawah, ya!

Apa yang Bisa Dilakukan Untuk Mengatasi Inflasi?

Demi mengatasi permasalahan inflasi, negara dan masyarakat sama-sama memiliki strategi yang bisa diterapkan. Apa saja strateginya? Kamu bisa membacanya pada uraian di bawah ini.

  1. Melakukan Perencanaan

Khusus untuk pemerintah, biasanya telah mengalami perencanaan yang digunakan untuk mengatasi inflasi tersebut. Misalnya saja, target tahunan yang telah ditetapkan BI untuk mengatasi inflasi.

  1. Hindari Menimbun Barang

Selain pemerintah, masyarakat juga dapat ikut serta mengambil peran. Salah satu peran masyarakat yang bisa dilakukan yaitu dengan cara menghindari pembelian sembako dalam jumlah terlalu banyak.

Contohnya fenomena kelangkaan minyak goreng, yang menyebabkan harga naik, sehingga banyak konsumen yang menimbun barang tersebut karena takut kehabisan. Jadi, hindari sikap yang demikian supaya inflasi dapat segera diatasi.

  1. Mulai Berinvestasi

Selain cara di atas, kamu juga bisa ikut menekan laju inflasi dengan cara melakukan investasi. Mengingat permasalahan inflasi yang tidak bisa diketahui kapan datangnya, maka berinvestasi untuk jangka panjang menjadi strategi yang bisa dicoba.

Siapa sangka, adanya investasi ini juga akan menambah kesempatan kerja, sehingga meningkatkan pendapatan masyarakat. Besarnya pendapatan masyarakat akan mendorong para pengusaha membuka kesempatan kerja yang lebih luas.

Sebaliknya, jika tidak dilakukan investasi, laju inflasi akan susah diatasi, sehingga, jumlah pengangguran meningkat. Oleh karena itu, keduanya saling berkesinambungan.

Baca artikel : Perbedaan Interview HRD dan Interview User

Setelah membaca ulasan di atas, apakah kamu masih bingung terkait pengertian inflasi? Tentunya sudah sedikit mengerti, kan apa itu inflasi. Kemudian kamu juga lebih paham mengenai hubungan inflasi dengan kesempatan kerja.

Tetapi, bagi kamu yang saat ini sedang membutuhkan pekerjaan, jangan khawatir. Kamu bisa klik disini! untuk mendapatkan informasi lengkapnya. Kami, Lokerimpian.com menyediakan informasi lowongan pekerjaan terbaru, sesuai passion kamu. Semoga ulasan ini bermanfaat, ya.

# Artikel Terkait

close ad