10 Prospek Kerja Manajemen yang Menjanjikan

Lulusan manajemen memiliki berbagai prospek kerja manajemen yang menjanjikan. Bidang profesi mana yang ingin Anda pilih?

Manajemen merupakan jurusan dalam rumpun sosial humaniora (soshum) yang berprospek menjanjikan di masa depan. Sejumlah profesi dengan gaji fantastis menjadi bukti bahwa prospek kerja manajemen sangat menjanjikan.

Seputar Jurusan Manajemen dan Prospek Kerja Manajemen

Dari tahun ke tahun, peminat jurusan manajemen semakin meningkat. Hal ini didorong dengan prospek kerja yang menjanjikan. Lalu, sebenarnya jurusan manajemen ini mempelajari tentang apa?

Jurusan yang berada dalam rumpun ilmu soshum ini banyak mempelajari mengenai pengelolaan perusahaan. Keilmuannya masih berkaitan dengan ilmu ekonomi dan bisnis. Oleh karena itu, Anda bisa menemui studi keilmuan manajemen pada fakultas ekonomi dan bisnis di tiap universitas.

Saat di perguruan tinggi nanti Anda akan mempelajari tentang ekonomi, bisnis, manajemen keuangan, manajemen SDM, perilaku organisasi, dan seputar manajemen lainnya. Ilmu-ilmu tersebut berguna sebagai bekal dalam pengelolaan perusahaan.

Prospek Kerja Lulusan Manajemen

Sebagai salah satu jurusan favorit, para mahasiswa banyak mengincar prospek kerja manajemen yang sangat menjanjikan. Berikut ini deretan prospek kerja lulusan manajemen.

1. Konsultan bisnis

Karena banyak mempelajari seputar pengelolaan perusahaan, lulusan manajemen berpeluang besar menjadi konsultan bisnis. Konsultan bisnis ini merupakan profesi yang berperan membantu mengembangkan bisnis atau perusahaan.

Adanya konsultan bisnis mampu memberikan arah, nasihat, dan saran untuk pengembangan bisnis yang lebih maju. Biasanya konsultan ini juga terlibat dalam penyusunan rencana bisnis. Tujuannya agar rencana yang disusun merupakan rencana yang tepat untuk memperluas lini bisnisnya.

Nah, Anda yang berasal dari jurusan manajemen bisa mengambil profesi sebagai konsultan bisnis. Keahlian yang dimiliki antara lain manajemen SDM, pemasaran, dan sebagainya. Selain itu, Anda harus memiliki kemampuan berpikir strategis, analisis, dan pengambilan keputusan yang andal.

2. Tenaga pendidik

Tidak jarang lulusan manajemen kemudian melanjutkan studi untuk menjadi tenaga pendidik seperti dosen. Prospek kerja manajemen yang satu ini berpeluang besar terutama dalam mengembangkan pendidikan manajemen di Indonesia.

Saat ini menjadi dosen memiliki gaji pokok dan tunjangan yang cukup besar. Apalagi jika Anda rajin melakukan penelitian, publikasi jurnal, atau mendapat penghargaan tertentu. Nah, peluang kerja yang satu ini juga bisa Anda pertimbangkan.

Untuk menjadi dosen bidang manajemen atau ekonomi, minimal Anda harus lulus pendidikan magister. Namun, rata-rata tenaga pendidik saat ini sudah bergelar doktor. Hal ini menunjukkan bahwa keilmuan para dosen tidak perlu diragukan lagi.

3. Akuntan

Dalam jurusan manajemen, Anda juga akan belajar tentang akuntansi. Misalnya mulai dari dasar, akuntansi manajemen, dan sebagainya. Nah, adanya keilmuan ini kemudian membuka peluang karir di bidang akuntan.

Profesi akuntan sangat dibutuhkan baik untuk bisnis berskala kecil maupun perusahaan besar. Kedepannya para akuntan dapat membangun karier hingga menjadi profesional. Saat sudah profesional inilah Anda bisa mendapatkan gaji setara manajer atau direktur.

Sat profesi yang masih berkaitan dengan akuntan adalah internal audit. Audit internal ini berfungsi sebagai pengawas sekaligus mereview laporan keuangan perusahaan. Anda juga bisa mendalami keilmuan ini!

4. Staf bidang keuangan

Sebagian besar orang masih berpikir bahwa antara akuntan dan staf keuangan memiliki lingkup kerja yang sama. Padahal, bidang kerja keduanya berbeda loh.

Akuntan lebih berfokus pada pengelolaan kas perusahaan. Sementara itu, staf keuangan akan mengurusi laporan keuangan perusahaan. Nah, dalam laporan keuangan ini terdapat laporan laba-rugi, perubahan modal, neraca, hingga rasio-rasio keuangan lainnya.

Baca juga: Daftar Perusahaan Terbesar di Indonesia

Sebagai lulusan manajemen, Anda memiliki skill di bidang keuangan ini. Untuk itu, saat masih kuliah dan ingin menjadi staf keuangan, Anda bisa memilih peminatan manajemen keuangan. Kedepannya profesi ini sangat berprospek karena pengelolaan keuangan yang baik merupakan masa depan perusahaan.

5. Marketer

Selain bidang keuangan, Anda juga telah mempelajari manajemen pemasaran saat di bangku kuliah. Bahkan, beberapa universitas menyediakan mata kuliah khusus tentang digital marketing.

Nah, hal ini ditujukan demi memenuhi kompetensi lulusan manajemen. Prospek kerja manajemen sebagai marketer sangat menjanjikan. Sebab, setiap perusahaan membutuhkan tenaga pemasaran yang kompeten untuk meningkatkan volume penjualan mereka.

Gaji untuk profesi ini pun bervariasi mulai dari staf hingga manajer. Kalau Anda ingin berkarier di bidang ini, mulailah mencari pengalaman di bidang pemasaran. Sebab, profesi ini juga memiliki banyak pesaing. Jadilah lulusan yang unggul agar mampu bersaing pada profesi ini.

6. Aktuaris

Profesi aktuaris banyak dicari karena kebutuhan akan manajemen risiko keuangan semakin penting. Meskipun belum banyak dikenal, prospek kerja seorang aktuaris sangatlah menjanjikan. Aktuaria sebagai bidang ilmunya mempelajari tentang matematika ekonomi. Jadi, prospek ekonomi diprediksi melalui perhitungan yang ditentukan.

Lulusan manajemen juga bisa bekerja sebagai aktuaris. Anda perlu lebih mendalami mengenai risiko keuangan dan cara penanggulangannya. Di masa depan, keputusan keuangan ini sangat berguna demi mendapatkan solusi yang tepat atas risiko keuangan yang  ada.

Aktuaris biasanya ada para korporasi dan jenis perusahaan asuransi. Sebab, lingkup kerjanya berhubungan langsung dengan keuangan. Perlu Anda ketahui bahwa jenjang karir di bidang keuangan ini sangatlah menjanjikan.

7. Business development

Business development berperan dalam mengembangkan bisnis. Contohnya dengan mengembangan produk bisnis yang sudah ada, menjalin kolaborasi baru untuk menciptakan peluang bisnis, hingga melakukan kerja sama partnership yang berkelanjutan.

Para lulusan manajemen banyak yang mengincar profesi yang satu ini. Selain gajinya yang besar, profesi ini juga sedang sangat dibutuhkan di berbagai industri. Ditambah lagi jenjang karirnya pun cukup jelas.

Untuk dapat bekerja sebagai business development, Anda perlu memiliki skill seperti riset pasar, menyusun strategi, dan menjalin kerja sama dengan perusahaan lain yang potensial. Tentunya terdapat softskill yang perlu Anda kuasai juga antara lain negosiasi dan komunikasi.

8. Manajer SDM

Dalam manajemen, lingkup ilmu yang dipelajari cukup lengkap termasuk juga terdapat bidang keilmuan SDM. Dengan adanya ilmu ini, Anda memiliki prospek kerja manajemen sebagai manajer SDM.

Manajer SDM bertugas dalam mengelola sumber daya manusia perusahaan. Misalnya meliputi perencanaan SDM, rekrutmen, program pelatihan, dan pengembangan SDM. Dalam profesi ini Anda akan berhubungan langsung dengan pengelolaan karyawan.

9. Surveyor

Seorang lulusan manajemen juga bisa mengambil jalan karier sebagai surveyor. Surveyor merupakan orang yang bekerja sebagai peneliti atau melakukan survei lapangan. Profesi ini berperan penting dalam membantu penelitian.

Para peneliti seperti dosen atau perusahaan selalu membutuhkan surveyor untuk membantu penelitian mereka. Gajinya juga tidak main-main loh. Sekali penelitian, Anda bisa mendapatkan puluhan juta dalam waktu minimal 6 bulan. Sangat menjanjikan bukan?

10. Entrepreneur

Prospek kerja yang satu ini juga banyak diincar oleh para lulusan baru. Mereka yang mempelajari bidang manajemen selama 4 tahun berpeluang besar menjadi pengusaha sukses. Ilmu yang dipelajari sangat lengkap sehingga mampu dijadikan modal dasar dalam berwirausaha.

Tidak jarang juga sebelum lulus para mahasiswa diharuskan memiliki project bisnis. Hal inilah yang memantik semangat berwirausaha untuk para lulusan manajemen. Apakah Anda cukup tertarik menjadi pengusaha?

Deretan karir dan prospek kerja manajemen tersebut sangat menjanjikan jika Anda membangun skill-setnya mulai dari sekarang. Jadi, ingin bekerja pada bidang mana dan profesi apa yang Anda pilih?

# Artikel Terkait

close ad