Psikotes Gambar Pohon: Manfaat dan Penilaian

Manfaat psikotes gambar pohon untuk menjadi pekerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, yuk cari tahu manfaat dan artinya!

Saat memulai sebuah pekerjaan tentu saja harus dihadapkan pada sebuah tes masuk kerja yang beraneka ragam. Salah satu bentuk tes sebelum menjadi seorang pekerja adalah mengikuti psikotes gambar pohon. Menggambar merupakan salah satu cara tim HRD mengetahui bagaimana sikap dan sifat Anda dalam menjalani pekerjaan kelak.

Psikotes gambar pohon merupakan salah satu jenis tes yang masuk dalam kategori grafis. Tes ini biasa disebut juga dengan Koch Tree Test. Di dalam gambar pohon ini perusahaan bisa menganalisa bagaimana kepribadian dan juga emosi Anda sebagai calon pekerjanya. Selain itu banyak sekali manfaat yang diberikan dalam penggambaran psikotes tersebut. Penasaran apa saja? yuk cari tahu di bawah ini!

Manfaat Psikotes Gambar Pohon

Dengan membuat sebuah gambar pohon tentu saja ada data yang akan diambil oleh tim HRD. Dalam pembuatan sebuah gambar pohon Anda akan diminta untuk membuat sebuah pohon yang lengkap dengan batang, akar, dan juga cabang pohon tersebut.

Hal tersebut merupakan salah satu aspek yang harus digambar dalam pohon supaya bisa menggambarkan diri Anda seutuhnya. Sebenarnya apa saja manfaat yang bisa didapatkan dalam melakukan psikotes gambar pohon tersebut. Yuk kita bahas Lebih detail di bawah ini!

  1. Penggambaran Diri

Sebagai perusahaan tentu saja tim HRD harus mengenal bagaimana karakter dari calon pekerja yang akan memasuki perusahaannya. Dengan mencari data melalui gambar psikotes pohon, tentu saja tim HRD dapat memiliki gambaran secara luas tentang sikap dan juga sifat calon pekerja dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Hal tersebut biasanya juga disebutkan sebagai gambaran sifat dominan yang ada dalam diri seseorang. Dengan melakukan tes tersebut tentu saja tim HRD mampu menyeleksi calon pekerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau tidak.

  1. Kestabilan Emosi

Saat menggambar tentu saja secara tidak sadar manusia memberikan gambaran pada tingkat kestabilan emosi yang ada pada dirinya. Ilmu tersebut memang tidak bisa dipelajari oleh orang sembarangan. Terdapat ilmu psikologi yang harus dijalani terlebih dahulu oleh orang yang berkompeten di bidangnya.

Oleh karena itu dengan melakukan gambar psikotes, tim HRD yang telah berpengalaman dapat melihat bagaimana kestabilan emosi seseorang dalam menghadapi sebuah masalah dengan cepat.

  1. Mendiagnosis Penyakit Demensia

Salah satu hal yang mungkin tidak diketahui banyak orang adalah dengan membuat gambar psikotes pohon, tim HRD bisa menilai bagaimana cara berpikir dari calon pekerjanya.

Demensia merupakan salah satu jenis penyakit yang spesifik dan termasuk kondisi penurunan fungsi otak. Hal tersebut tentu saja bisa berakibat pada penurunan kinerja calon karyawan tersebut.

Gejala dari penyakit demensia ini adalah mudah lupa, kemampuan berpikirnya terganggu dan juga keterampilan sosial yang terbatas. Berbagai hal tersebut tentu saja merupakan salah satu bagian penting yang diperhatikan oleh HRD untuk mengantisipasi penurunan kinerja dari sebuah perusahaan.

Ternyata banyak sekali ya manfaat dari psikotes gambar pohon tersebut. Dari beberapa manfaat di atas tentu saja kini Anda mengetahui kenapa setiap calon pekerja harus melakukan tes tersebut.

Jika Anda ingin mengetahui  apa saja nilai yang digambarkan dari sebuah pohon, yuk baca selengkapnya disini!

Penilaian Psikotes Gambar Pohon

Secara tidak disadari dalam bekerja akan menggambar pohon sesuai dengan apa yang mereka mampu. Terkadang calon pekerja pun hanya menggambar pohon seperti yang sering dilihat di lingkungan sekitar.

Namun banyak hal yang belum diketahui terdapat penilaian dalam psikotes gambar pohon yang dilakukan tersebut. Yuk cari tahu apa saja penilaian psikotes gambar pohon yang Anda lakukan.

  1. Bagian Bawah Pohon Atau Akar

Salah satu bagian penting dari sebuah pohon adalah akar. Akar merupakan gambaran dari aspek yang menunjukkan kestabilan dan mental seseorang dalam menghadapi sebuah permasalahan.

Jika Anda menggambar pohon yang memiliki akar yang dangkal maka hal tersebut bisa menggambarkan bahwa kestabilan emosional yang Anda miliki tidak terlalu tinggi. Dari sebuah gambar akar pohon bisa dilihat bagaimana tingkat kestabilan emosional yang ada pada seseorang.

  1. Batang Pohon

Selain akar tentu saja batang pohon bisa memberikan informasi mengenai bagaimana sikap dari calon pekerja. Pada tes pembuatan batang pohon ini dijelaskan bahwa dapat mempresentasikan tingkat kekuatan emosional dari seorang tersebut.

Jika Anda menggambar batang dengan lebar maka Anda memiliki kestabilan dalam emosi, bisa dibilang Anda tidak mudah marah dan tenang serta memiliki pendirian yang kuat.

Namun jika ada membuat sebuah gambar pohon yang ramping maka hal tersebut menggambarkan bahwa Anda merupakan orang yang fleksibel dan open minded atau terbuka dengan pendapat orang lain. Sifat dari menggambar pohon yang ramping juga memiliki empati yang tinggi terhadap orang lain.

  1. Dahan Pohon

Penggambaran dahan pohon pada sebuah gambar psikotes tentu saja juga memiliki arti yang sangat besar. Dahan pohon ini menggambarkan bagaimana orientasi otak dari seseorang. Jika terdapat dahan pada pohon yang dibuat maka orientasi berpikir calon pekerja tersebut logis dan analitis.

Jika Anda tidak menggambarkan dahan pohon sama sekali maka Anda merupakan orang yang memiliki orientasi pada otak kanan yaitu orang yang suka menggunakan insting dalam melakukan pekerjaan.

  1. Daun Pohon

Salah satu hal terpenting yang digunakan untuk menilai seseorang adalah gambar daun pohon yang dibuat. Bagian ini memiliki nilai dari cara berpikir seseorang. Gambar pohon yang disertai dengan daun menggambarkan bahwa seseorang memiliki kebiasaan mengintropeksi dan merenung dalam kehidupan sehari-harinya.

Bahkan orang yang menggambarkan daun pada pohon tersebut termasuk orang yang sangat hati-hati dalam mengambil keputusan. Namun jika tidak banyak menggambar daun pada pohon tersebut dinilai Anda adalah orang yang memiliki rencana masa depan yang baik.

  1. Letak Gambar Pohon

Hal ini merupakan salah satu penilaian yang tidak diketahui pentingnya oleh para calon pekerja. Letak gambar pohon dapat menginterpretasikan bagaimana cara pandang seseorang dalam menghadapi kehidupan.

Jika menggambar sebuah pohon di bagian atas halaman berarti Anda memiliki niat belajar yang tinggi dari pengalaman. Namun jika menggambar pohon tersebut di bagian bawah kertas maka Anda termasuk orang yang memiliki pemikiran analitis.

Baca juga: Contoh Soal Psikotes Kerja dan Cara Menjawabnya

Jika menggambar di bagian tengah kertas maka Anda termasuk orang yang praktis dalam menentukan sebuah keputusan. Semua hal tersebut memang baik namun tim HRD tentu saja menyesuaikan karakter tersebut pada bidang pekerjaan yang akan dijalani.

Nah informasi di atas merupakan beberapa jenis penilaian yang biasa dilakukan oleh tim HRD perusahaan yang akan Anda masuki. Anda bisa menjadikan hal tersebut sebagai gambaran hasil penilaian yang akan didapatkan.

Pastikan Anda selalu membuat psikotes gambar pohon sesuai dengan diri Anda. Gambarlah pohon dengan sejujur-jujurnya supaya karakter asli dari diri bisa dibaca oleh tim HRD dan Anda bisa bekerja sesuai dengan kemampuan. Yuk baca berbagai jenis artikel lain mengenai dunia karir dengan klik link di sini!

# Artikel Terkait

close ad